Kamis, 22 Januari 2009

Digital age learning..

Di era digital, sistem pendidikan sudah tidak cocok lagi untuk anak-anak kita. Apa yang mereka peajar, bagaimana mereka belajar dan kapan mereka belajar sedang mengalami perubahan. Pembelajaran tradisional sudah tidak cocok lagi, karena dominasi guru akan menghilangkan kesempatan anak kita untuk mengembangkan kecakapan-kecakapan yang diperlukan di abad ke-21. Kecakapan-kecakapan di tempat kerja yang sangat dibutuhkan di abad digital diantaranya adalah menyangkut kecakapan berpikir dan belajar (thinking and learning skills).
Kecakapan-kecakapan ini diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah, berpikir kritis, berkmunikasi, berkolaborasi, inovatif dan kreatif yang tidak mungkin berkembang dengan menggunakan sistem pendidikan yang didominasi oleh guru.
Saat ini pendekatan belajar yang dianggap cocok unguk mengembangkan kecakapan berpikir dan belajar siswa adalah dengan memberikan kesempatan siswa untuk menentukan kebutuhannya, kemampuan, minat serta gaya belajarnya sendiri - student centered learning.
Di dalam pendekatan ini siswa dikondisikan untuk mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan belajarnya.
Saat ini para ahli menyimpulkan bahwa terdapat gap antara apa yang diperoleh siswa dalam kelas dengan apa yang mereka akan hadapi dalam dunia kerja. Untuk menjembatani gap ini guru harus mampu mengembangkan kecakapan yang dibutuhkan di abad ke21. Kecakapan-kecakapan tersebut diantaranya adalah kemampuan beradaptasi serta akuntabilitas, kecakapan berkomunikasi, kreatif dan rasa ingin tahu, berpikir kritis dalam sistem, melek ICT, kecakapan hubungan antar pribadi dan kerjasama, mampu mengidentifikasi, formulasi, dan memecahkan masalah, self-direction atau pengarahan diri, dan tanggung jawab sosial.
Pertanyaannya bagaimana kita sebagai guru mampu mengembangkan semua kecakapan yang sangat diperlukan siswa untuk dapat menghadapi dunia kerja yang akan mereka hadapi dimana teknologi sudah menjadi bagian kehidupan mereka? Bagaimana guru mampu menggunakan secara efektif dalam kelas untuk meningkatkan/mendukung dan mengassess proses belajar siswa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar