Senin, 16 Februari 2009

Membuat Pertanyaan yang Benar dalam PBL

Pertanyaan terbuka dan menarik adalah alat yang efektif untuk mendorong siswa berfikir secara mendalam dan menyiapkan mereka dengan sebuah konteks yang bermakna untuk belajar. Ketika siswa diberi pertanyaan yang membuat mereka benar-benar tertarik untuk menemukan jawabannya, mereka sedang terlibat. Ketika pertanyaan membantu mereka untuk melihat hubungan antara materi dan kehidupan mereka, belajar mereka memiliki makna. Kita dapat membantu siswa kita menjadi lebih termotivasi dan mampu mengarahkan dirinya melalui pertanyaan yang benar. Tetapi apa yang dimaksud dengan pertanyaan yang benar atau tepat?

Curriculum Frame Question atau CFQ dalam PBL memberikan sebuah stuktur yang mengorganisasikan pertanyaan melalui sebuah proyek dan mendorong untuk berpikir dalam semua level. Pertanyaan dalam proyek ini membuat sebuah keseimbangan antara pemahaman materi dan eksplorasi yang menarik dan membangun ide-ide yang membuat mereka belajar dari sesuatu yang relevan dengan mereka. CFQ membimbing sebuah unit pembelajaran yang meliputi pertanyaan esensial (Essential Question), pertanyaan unit (Unit Question dan serta pertanyaan materi (Content Question).

Pertanyaan esensial dan unit memberikan sebuah rasional untuk belajar. Pertanyaan ini membantu siswa untuk mengenal ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ serta mendorong melakukan inquiri, diskusi dan riset. Pertanyaan-pertanyaan ini melibatkan siswa dalam mengidentifikasi belajar mereka dan mengembangkan pemahaman tentang suatu topik. Pertanyaan essensial dan unit yang baik melibatkan siswa-siswa untuk berpikir kritis, mendorong rasa ingin tahu, dan mengembangkan pendekatan bertanya terhadap kurikulum. Untuk menjawab pertanyaan, siswa harus menguji topik lebih dalam dan membangun pemahaman sendiri serta menjawab berdasarkan informasi yang merka kumpulkan.
Pertanyaan content (CQ) membantu siswa untuk mengidentifikasi “apa”, “siapa”, “dimana”, dan “kapan”, serta mendukung pertanyaan esensial dan unit dengan cara memberikan sebuah pusat perhatian untuk memahami sebuah detail. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu siswa untuk tetap fokus pada informasi faktual yang harus dipelajari untuk mencapai semua isi tujuan pembelajran dan komptensi dasar.

Menggunakan CFQ
Pertanyaan-pertanyaan CFQ membangun satu sama lain. Pertanyaan content mendukung pertanyaan unit dan keduanya mendukung pertanyaan esensial. Pertanyaan esensial seringkali paling menarik dan merupakan bagian pertama yang dihadapi. Pertanyaan-pertanyaan di bawah menujukkan hubungan satu sama lain.

Essential Question
Mengapa kita membutuhkan orang lain? ( Why do we need others?)

Unit Questions
  • Komunitas penolong yang mana yang paling penting? (Which of our community helpers is the most important?)
  • Komunitas penolong mana yang mungkin kamu sukai? (Which community helper would you most like to be?)

Content Questions

  • Siapakah komunitas penolong itu? (Who are some community helpers?)
  • Apa yang dikerjakan komunitas penolong? (What do community helpers do?)


Essential Questions:

  • Tunjukkan Ide-ide yang bersifat kontinyu dan luas yang mencakup seluruh subyek. Ide-ide ini menjembatani berbagai unit atau topik, subyek area atau kejadian sebuah pelajaran yang berharga sepanjang tahun.
  • Memiliki banyak jawaban. Jawaban terhadap pertanyaan tidak ditemukan dalam buku. Seringkali pertanyaan pertanyaan besar yang hidup. Contoh: Apakah Saya Penjaga Adik Saya? (Am I my brother’s keeper?)
  • Menangkap pertahatian siswa dan gunakan berpikir tingkat tinggi; hal ini akan menantang siswa untuk menguraikan pemikiran mereka, mengaplikasikan nilai-nilai yang mreka miliki dan menginterpretasikan pengalamannya.

Unit Questions:

  • Merupakan eksplorasi dari ide yang mengundang dan bersifat terbuka yang spesifik terhadap topic, subyek atau unit yang dipelajari. Tim guru dari berbagai subyek yang berbeda dapat menggunakan unit question (UQ) yang unik untuk mendukung kesamaan.
  • Berikan masalah atau siapkan sebuah diskusi sebagai langkah awal untuk mendukung Esensial Question (EQ). Sebagai contoh: Bagaimana kita bias membantu mencegah dan meringankan kelaparan?
  • Mendorong melakukan eksplorasi, menimbulkan dan mempertahankan perhatian, dan membiarkan sebuah respon yang unik dan pendekatan yang kreatif. Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong siswa untuk menginterpretasikan fakta-fakta yang mereka miliki.

Content Questions:

  • Biasanya memiliki jawaban yang jelas atau jawaban benar yang khas dan dikategorokan sebagai pertanyaan tertutup.
  • Arahkan dengan Kompetensi Dasar dan Tujuan pembelajaran serta mendukung pertanyaan esensial (EQ) dan pertanyaan unit (UQ).
  • Siapkan pengetahuan dan kecakapan yang menyeluruh untuk memberikan jawaban.
    Diterjemahkan dari: http://educate.intel.com/en/ProjectDesign/Design/ProjectsInAction/ChangingRoles/

2 komentar:

  1. Pak, mohon izin artikel ini saya posting di Blogs website Teach Indonesia forum.

    BalasHapus
  2. Silahkan, with pleasure. go TEO...

    BalasHapus