Selasa, 06 Januari 2009

Presentasiku... My Sharing time


Menegangkan...
I told u, it's first. I never done it before.. the show must go on man.
While my boss till have talk. I prepared my computer.
Finally, my boss asked me for starting my presentation.
Assalamu'alaikum... berat rasanya suaraku.
Hari itu saya coba jelaskan kegiatan yang telah kuikuti selama kurang lebih 2 tahun dengan intel. Aku bilang, saya harus menunggu kurang lebih 2 tahun untuk melakukan sharing ini. Keinginan yang sudah lama ingin aku lakukan... thank for my boss.
Selama dua tahun aku kerja dengan intel memberikan pelatihan guru-guru, kebanyakan guru SD. Sulawesi, Aceh, Jawa Tengah, Jakarta... tapi tak pernah punya kesempatan untuk sharing dengan temanku di kantor. Padahal aku berpikir informsi ini sangat amat berguna bagi rekan-rekanku.
Thema presentasiku hari itu adalah tentang 21st century skill, PBL, Student-centered Learning dan Ongoing Assessmen. Kecuali 21st century skills, sisanya sebenarnya bukan hal yang baru bagi rekan-rekanku, tetapi bagi rekan kita (guru-guru) di lapangan mungkin masih asing. Meskipun tahu, mereka masih mudeng mengenai teknik pelaksanaanya.
Inti pembicaraanku dalam 21st century skills adalah adanya perubahan paradigma dalam kurikulum pendidikan. Kurikulum abad ke-20 didominasi dengan core subject dan assessmen, dalam kurikulum abad ke-21 core subject hanya mengisi 1/5 lebih dari keseluruhan (gambar) - Partnership 21st century skill.



Selanjutnya dijelaskan hal-hal baru yang merupakan komponen penting dalam kurikulum model abad ke-21 yaitu Thinking and Learning Skills dan ICT Literacy. Khusus untuk Thinking dan Learning Skills, bagian ini belum menjadi prioritas utama dalam kurikulum kita meskipun demikian beberapa diantaranya (Problem Solving dan Critical Thinking skills) diberikan secara integrasi dalam beberapa bidang studi (core subject).
Topik-topik yang dibahas dalam ranah ini adalah Problem Solving dan Critical Thinking skill, Innovation and Creativity, Collaboration, and Communication Skill. Semua kecakapan ini menjadi bagian penting yang harus dimiliki siswa melalui proses pembelajaran yang dirancang oleh guru.
ICT Literacy, yaitu kemampuan menggunakan teknologi komputer dalam rangka mencapai Thinking and Learning Skills. (Partnership 21st century skills).
Saat ini diklat pelatihan banyak yang menekankan pada tema ini. ICT based learning salah satu diklat yang sedang trend. Pertanyaannya, sudahkan diklat ini mencoba menintegrasikan teknologi komputer dalam proses pembelajaran atau hanya sekadar penggunaan komputer atau teknologi lain sebagai alat bantu selama pembelajaran berlangsung?
Integrasi ICT dalam pembelajaran siswa, artinya sejauh mana guru menggunakan teknologi komputer untuk mendukung dan mengasses proses pembelajarannya siswa dalam rencana pembelajaran yang dikembangkannya. Bagaimana guru melakukan assessmen mulai dari awal kegiatan, berlangsungnya kegiatan sampai akhir kegiatan (ongoing assessmen)? Bagaimana caranya guru melakukan hal ini?
Akhirnya pembicaraan sampai pada topik hasil pelatihan di Grand KEmang Hotel, Project-based Learning atau Training Essential Course. Topik ini secara umum bukan barang baru, yang baru adalah sentuhannya yaitu sentuhan teknologi komputer. Training ini mencoba menjawab pertanyaan:
How technology can be used most effectivelly to support and assess student learning?
Banyak guru yang sudah mampu menggunakan komputer dalam kelasnya. Masalahnya, Sejauh mana seorang guru telah menggunakan teknologi komputer untuk mendukung dan mengasses pembelajaran siswa di dalam kelas? Dari mana kita bisa mengetahui sudah mengintegrasikan teknologi komputer di dalam pembelajaran siswa? Bagaimana guru menggunakan teknologi komputer untuk mengembangkan problem solving & critical thinking skills? Kegiatan yang bagaimana yang harus diberikan guru untuk mengembangkan kecakapan tersebut dengan mengintegrasikan komputer dalam pembelajarannya?
Bagaimana strategi pembelajran yang harus dikembangkan oleh guru dalam proyeknya?
Hal penting tentang ongoing assessmen, bagaimana guru melaksanakan ongoing assessmen dengan menggunakan teknologi komputer?
Pertanyaan-pertanyaan di atas dicoba dijawab dalam pelatihan Essential Course..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar