Sabtu, 03 Januari 2009

Mulai lagi! Muharram 1430 Hijriah

Assalamu'alaikum
Hai Orang beriman takutlah pada Allah, dan hendaklah setiap diri undzuru (memperhatikan) apa yang telah diperbuat untuk hari esok (Al-Hasyr).
Muharam 1430 H baru beberapa hari masuk ke dalam kehidupan kita, Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, dan kepada-Nyalah kita memuji. Kita masih diberi iman, umur, kesempatan untuk beramal...
Dua minggu yang lalu, saya baru mengikuti pelatihan tentang bagaimana teknologi dapat digunakan secara efektif untuk mendukung dan mengassess proses belajar siswa. Pelatihan ini diadakan oleh Intel education - Intel Teach Program: Essential Course.
Sungguh pelatihan yang berat bagi saya. Berat karena banyak hal, otak yang sudah mulai banyak hang, getting older, terbiasa berpikir paralel, dan etos kerja yang memang sangat rendah. Dua puluh tahun jadi guru negeri, tidak banyak yang saya dapatkan untuk disumbangkan pada sesama guru. Hanya dengan semangat tandzuru nafsan ma qodamat lighod... saya bertahan untuk belajar.
Rekan guru, dunia terus berubah, termasuk dunia pendidikan. Pandangan, cara kerja serta hasil yang kita harapkan sudah harus berubah pula. Abad-21, menuntut kita untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membantu murid-murid kita dalam mempersiapkan kehidupannya dimasa yang akan datang (future). Dunia masa depan anak kita sudah sangat berbeda dengan cara berpikir dan bertindak kita selama ini. Akibatnya, kita sebagai insan pendidik harus berpikir keras bagaimana kita mampu menyiapkan anak-anak kita dimasa depan dengan kecakapan (skill) yang mereka butuhkan sehingga mampu bersaing dengan anak-anak dari bangsa lain. Banyak kecakapan-kecakapan yang harus kita siapkan untuk anak kita, yang tentunya sangat berbeda dengan kecakapan-kecakapan yang kita butuhkan saat ini.
Rekan guru, tuntutan dunia kerja saat ini menuntut anak-anak kita memiliki kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan berlandaskan pada penguasaan teknologi.
Penguasaan teknologi komputer pada abad digital menjadi ikon yang sangat penting disadari oleh para guru.
Bagaimana kita mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi dan berkomunikasi sebagai kecakapan berpikir dan belajar (thinking and learning skill) dengan menggunakan teknologi? Bagaimana kita mampu menguasai Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melibatkan teknologi? Pertanyaan penting yang harus kita jawab.
Tulisan ke depan saya akan coba sharing dengan ibu-bapak yang memiliki perhatian dengan masa depan anak kita...
Dengan datangnya tahun baru semoga menjadi pendorong bagi kita semua untuk saling bertukar pikiran bagaimana menyiapkan anak-anak didik kita untuk masa depannya, tentunya Akhirat yang kita cari... maka dunia Insya Allah akan kita dapatkan apabila dilandasi dengan keikhlasan..
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar